Si Kuncung Drupal Yang Powerfull

2
505

Drupal merupakan salah satu open source content management system (CMS) untuk membagun website. CMS drupal ini mungkin kurang begitu familiar di telinga Anda, karena sejak awal Anda telah familier dengan wordpress, blogger, maupun joomla.

Drupal dibangun dengan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. PHP dan MySQL juga merupakan open source software. Drupal juga mulai digunakan sebagai sebuah CMS (Content Management System) karena kemampuannya untuk dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penggunanya. Drupal saat ini menjadi platform content management system (CMS) bagi beberapa situs web ternama.

Untuk membangun blog atau website dengan CMS Drupal, Anda bisa saja langsung mengerjakannya di hosting berbayar milik Anda. Namun cara tersebut mengharuskan Anda mengerjakannya secara online, yang berarti butuh biaya untuk paket data yang tidak sedikit, dan terkadang tak jarang koneksi PC kita ke server agak sedikit lemot karena faktor jaringan internet kita  maupun stabilitas server hosting kita karena overload.

Untuk menghidari persoalan tersebut, barangkali Anda perlu mempertimbangkan pengerjaan website atau blog Anda di localhost (hosting lokal di PC Anda) terlebih dahulu, kemudian setelah pengerjaan website Anda selesai barulah Anda upload di hosting berbayar Anda. Dengan demikian pengerjaan website Anda akan menjadi lebih efisien dalam hal biaya, tenaga, waktu dll.

Untuk itu dalam artikel kali ini, saya coba menulis tentang cara installasi Drupal di localhost. Namun bagi Anda yang belum memiliki localhost silahkan Anda install localhost Anda terlebih dahulu dengan XAMPP installer. Untuk lebih jelasnya silahkan baca terlebih dahulu artikel tentang Cara Install XAMPP di PC Komputer.

Cara Install Drupal di Localhost

  1. Buatlah folder baru di localhost Anda dengan nama terserah Anda (misal kita beri nama drupal). Caranya klik Start Menu > XAMPP > XAMPP htdocs folder, kemudian buat folder baru tersebut.
  2. Kemudian download drupal installer yang berupa file zip. Pastikan Anda membaca system requirement untuk installasi drupal sebelum Anda mendownload versi drupal installer yang sesuai dengan versi PHP dan versi database yang Anda gunakan.
  3. Ekstraklah file drupal installer yang Anda download tersebut.
  4. Kemudian copylah seluruh file yang ada didalamnya folder drupal kedalam localhost Anda (XAMPP > htdocs > drupal).
  5. Jalankan XAMPP Control Panel, caranya klik Start Menu > All Program > XAMPP > XAMPP Control Panel
  6. Aktifkan Apache localhost dengan klik start pada XAMPP Control Panel
  7. Aktifkan MySQL localhost dengan klik start pada XAMPP Control Panel
  8. Masuk ke phpMyAdmin localhost Anda dengan klik start pada XAMPP Control Panel maka Anda akan dibawa ke phpMyAdmin di browser anda.
  9. Buatlah database (misal dengan nama drupal) dengan klik new pada phpMyAdmin yang telah Anda buka tadi. Pada phpMyAdmin localhost default username root dan tanpa password.
  10. Sekarang drupal siap Anda install di localhost, dengan cara buka browser favorit anda (misal pakai mozilla) kemudian ketik http://localhost/drupal ENTER. Maka Anda akan dibawa pada halaman pemilihan bahasa seperti diperlihatkan pada gambar berikut. Klik saja install drupal in english. dp_install1
  11. Maka Anda akan dibawa ke halaman requirement, dan di situ muncul dua requirement problems, penuhi requirement tersebut, yaitu pertama copy file default.setting.php di folder XAMPP > htdocs > drupal > sites > default kemudian rename file tersebut menjadi file setting.php dan editlah file setting.php tersebut dengan php editor program bisa pakai notepad++. Hapus seluruh content di file setting.php tersebut kemudian simpan. Untuk requirement kedua file permission, karena Anda hanya akan menginstall di localhost maka pastikan saja kalau file setting.php tidak dalam mode read only, namun bila Anda hendak menginstallnya di hosting berbayar maka ubahlah file permission menjadi writable dari chmod (chmod o+w sites/default/settings.php dan chmod o+w sites/default) dp_install2
  12. Setelah itu Anda akan dibawa pada halaman konfigurasi situs yang didalamnya termasuk administrator account yang nantinya Anda perlukan untuk masuk ke admin panel drupal guna mengelola website Anda. Isilah form tersebut dengan informasi yang dibutuhkan. Bila sudah Anda isi dengan benar, kemudian klik save and continue.dp_install3 dp_install4 dp_install5
  13. Selamat installasi cms drupal Anda telah selesai, sisa mengatur mailserver yang belum terhubung, itu bisa Anda atur belakangan. dp_install6 dp_install7

Demikian tadi tulisan saya tentang cara install drupal di localhost, semoga menambah wawasan dan menjadi salah satu referensi untuk pembalajaran dalam membangun website Anda.

Salam

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY