Trik Jitu Upload WordPress dari Localhost ke Hosting

1
680

Pulsaserver – Pada artikel sebelumnya telah banyak kita bahas tetang cara instalasi website di localhost. Namun sayangnya website yang kita buat di localhost tersebut hanya kita saja yang bisa mengaksesnya. Untuk itu kita harus memindahkannya ke hosting secara online, supaya website kita bisa diakses oleh publik, kapanpun dan di manapun. Artikel berikut ini akan mengupas tuntas bagaimana cara memindahkan website dengan cms wordpress dari localhost ke hosting secara online.

Pertama, kompres seluruh file di folder proyek wordpress Anda, ingat seluruhnya harus Anda kompress (ingat Anda harus mengkompresnya dengan salah satu ekstensi berikut – zip, tar, tgz atau gz supaya bisa diupload di hosting Anda).

Kedua, upload seluruh file folder proyek wordpress Anda ke folder public_html di hosting domain Anda. Terlebih dahulu login ke cpanel hosting Anda dan arahkan ke hosting domain Anda dimana Anda akan mengupload proyek website wordpress Anda tersebut. Masuklah ke file manager, dan masuk ke folder public_html, kemudian upload file zip kompres yang telah Anda siapkan ditahapan sebelumnya. Anda harus memastikan bahwa semua file proyek wordpress Anda telah terupload semua di hosting domain Anda tersebut. Bilamana file kompres tersebut cukup besar dan di luar kapasitas yang ditetapkan pengelola hosting Anda, silahkan Anda kondisikan supaya semua file di folder proyek wordpress Anda bisa diupload seluruhnya di hosting domain Anda.

Ketiga, eksport database website yang akan Anda upload ke hosting. Sebelumnya aktifkan terlebih dahulu controll panel localhost Anda – dalam hal ini XAMPP, pastikan Apache dan MySQL telah aktif. Kemudian masuklah ke phpMyAdmin di localhost Anda, dengan cara klik button Admin di MySQL localhost Anda atau panggil http://localhost/phpmyadmin dari browser favorit Anda. Kemudian klik database website proyek wordpress yang akan Anda upload ke hosting. Terakhir eksport database tersebut dengan ekstensi sql.

Keempat, import database website proyek wordpress Anda. Silahkan login terlebih dahulu ke cpanel hosting Anda dan arahkan ke hosting domain Anda dimana proyek wordpress tersebut Anda upload. Kemudian masuk ke database MySQL, dan silahkan Anda buat database baru dengan nama database,  username database dan password database terserah Anda. Kemudian klik database Anda tersebut dan masuklah ke phpMyAdmin. Anda bisa melihat bahwa database Anda tersebut masih kosong, untuk itu silahkan import database website proyek wordpress Anda, dengan klik import dan pilihlah database dengan ekstensi sql yang telah Anda kompres pada tahap sebelumnya, lalu klik GO. Tunggu beberapa menit sampai proses import database Anda selesai.

Kelima, edit file wp-config.php yang terdapat di dalam folder public_html pada hosting domain Anda. Terlebih dahulu login ke cpanel hosting Anda dan arahkan ke hosting domain Anda, kemudian masuk ke folder public_html, cari file wp-config.php. Kemudian arahkan kursor ke file wp-config.php tersebut, klik edit. Silahkan Anda edit, sesuaikan nama database, username database, password database dan hostname database dengan database yang Anda buat pada tahap sebelumnya.

// ** MySQL settings – You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define(‘DB_NAME’, ‘NamaDatabaseAnda‘);
/** MySQL database username */
define(‘DB_USER’, ‘UserNameDatabase Anda’);
/** MySQL database password */
define(‘DB_PASSWORD’, ‘PasswordDatabaseAnda‘);
/** MySQL hostname */
define(‘DB_HOST’, ‘HostnameDatabaseAnda‘);

Keenam, edit database MySQL proyek wordpress Anda. Terlebih dahulu login ke cpanel hosting Anda, dan arahkan ke hosting domain Anda. Masuklah ke database, klik database proyek wordpress yang Anda buat sebelumnya, dan masuklah ke phpMyAdmin. Carilah tabel wp_option, dan klik tabel tersebut. Cari tabel siteurl dan home kemudian klik edit satu persatu, ganti url http://localhost/ProyekWordpressAnda  dengan http://NamaDomainAnda.

Jadi deh website Anda, silahkan cek apakah website buatan Anda sudah benar-benar berfungsi sebagaimana yang Anda harapkan, dengan memanggil nama domain Anda dari browser favorit Anda.

Selamat mencoba semoga berhasil.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY